Tutorial Cara Mudah Mengecek Kondisi Baterai Laptop

Sama seperti pada dengan perangkat elektronik lainnya, baterai laptop juga bisa akan mengalami isu low battery atau daya baterai habis.

Tentunya pada saat baterai laptop habis sangat menyebalkan, apalagi kalian sedang melakukan aktifitas yang penting seperti belajar dari rumah, atau bekerja dari rumah. Perlu diketahui baterai memiliki masa pakai dari waktu ke waktu akan berkurang dan akan berhenti berfungsi secara maksimal daripada sebelumnya.

Jika kalian pernah mengalami baterai laptop yang mana sebelumnya dapat bertahan hingga 5-8 jam, dan sekarang cuma bisa mampu sekitar 3 jam, maka kalian tidak sendiri. Tidak hanya terjadi pada baterai laptop saja tentunya ini juga berlaku pada perangkat elektronik lainnya yang menggunakan baterai seperti handphone misalnya.

Apa saja yang dapat menyebabkan kualitas bertahan baterai laptop secara drastis menurun? Simak penjelasannya dari Banua Tekno.

Siklus Baterai
Baterai juga memiliki umur yang suatu saat bisa saja mati, Pada dasarnya siklus baterai adalah jumlah berapa kali kamu men-charge daya baterai laptop saat membelinya.

Setiap pengisian baterai dari (0 persen sampai 100 persen) merupakan dihitung sebagai satu siklus penuh.

Jika baterai kalian sudah miliki siklus yang tinggi, maka artinya baterai yang dimiliki semakin ‘tua’ jika semakin tua maka akan semakin cepat mencapai batas sebelum berakhir berfungsi normal.

Cara Cek Baterai Laptop Di Windows
Jika kalian adalah pengguna laptop Windows, dan kamu ingin melakukan cek kondisi baterai laptop kalian bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Walaupun cara ini tidak mudah akan tetapi kami menyediakan tutorial yang ditampilkan cukup terperinci, seperti riwayat penggunaan hingga sudah berapa banyak siklus baterai laptop.

1. Klik tombol Start dan ketik perintah “cmd” dan tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan untuk menjalankan program dalam administrator mode.

2. Ketikan kalimat powercfg /batteryreport dan tekan Enter. Tunggu hingga proses selesai.

3. Setelah itu, buka Users\Your Username folder atau di C:\WINDOWS\system32 di laman File Explorer dan cari battery-report.html. Klik dua kali di file itu untuk membukanya.

4. Scroll ke bawah hingga bagian Battery Information untuk melihat data Design Capacity, Full Charge Capacity, dan Cycle Count.

5. Terus ke bawah untuk menemukan Battery Life Estimates untuk mengetahui berapa lama laptop kamu mampu bertahan dalam sekali charge, dengan kondisi baterai saat ini.

Nah itulah cara mengecek kondisi baterai laptop.

Leave a Reply